4 Penyebab Bulu Kucing Rontok Dan Cara Mengatasinya

Jika mahkota manusia adalah rambutnya, maka hal ini berbeda dengan mahkota yang dimiliki oleh kucing. Mahkota indah kucing adalah bulu – bulu di tubuhnya. Bulu – bulu ini yang dapat menentukan kucing terlihat cantik atau tidak. Semakin panjang dan lebat bulu – bulu kucing maka semakin cantik ia terlihat. Nah bagi anda yang memang memiliki kucing dengan bulu yang panjang dan lebat, tentu anda harus mempertahankan bulu – bulu tersebut agar tidak rontok. Namun bagaimana jika bulu panjang dan lebat si kucing terlanjur rontok?, adakah cara mengatasinya?.

Sebaiknya dalam hal ini kita berpijak pada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada satupun hal di dunia ini yang tidak dapat diatasi. Hal ini juga berlaku pada kasus rontoknya bulu si kucing. Bulu kucing  yang rontok dapat kita atasi namun tentunya sebelum mulai mencoba mengatasinya, kita harus berusaha untuk mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu karena penyebab rontoknya bulu si kucing ada bervariasi mulai dari faktor kerontokan internal maupun faktor kerontokan eksternal. Berikut ini kami informasikan tentang 4 Penyebab Bulu Kucing Rontok Dan Cara Mengatasinya agar kita memiliki langkah yang tepat dalam mengatasi masalah kerontokan rambut kucing, diantaranya :

1.        Rontok normal

Bulu kucing juga bisa rontok secara normal. Kerontokan bulu kucing secara normal ini bukanlah hal yang serius melainkan adalah peristiwa yang wajar. Biasanya bulu kucing akan rontok secara periodikal dan hal ini diikuti dengan pertumbuhan bulu baru yang semakin cantik.

bulu kucing

2.        Kurang nutrisi

Kucing juga memerlukan nutrisi sama seperti manusia. Jika kurang nutrisi hal ini dapat menimbulkan masalah kerontokan pada bulu – bulunya. Oleh karenanya cukupi nutrisi kucing dan berikan asupan omega 3 untuk mempercantik bulunya.

3.        Kelebihan asupan vitamin

Kekurangan vitamin adalah sebuah masalah yang mengganggu kesehatan. Begitu pula dengan kelebihan vitamin. Vitamin yang berlebihan dalam tubuh kucing dapat membuat bulunya menjadi rontok. Ini dapat diatasi dengan memberi vitamin yang cukup.

4.        Terlalu panasnya suhu dalam kandang

Suhu yang terlalu panas akan tidak baik bagi kucing karena kucing membutuhkan suhu yang sesuai. Karena itu atur agar suhu dalam kandang kucing dapat normal. Kalau perlu atur agar suhunya dingin.

Demikianlah 4 Penyebab Bulu Kucing Rontok Dan Cara Mengatasinya yang dapat kita lakukan terhadap masalah kerontokan bulu si kucing.

sumber : budidayapetani.com

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.