Informasi Terbaru TPU Kemiri Rawamangun, jakarta Timur

kuburan rawa kemiri jakarta timur

Krisis lahan makam di ibu kota belum mendapatkan solusi terbaik.

Tentu, solusi terbaik yang diinginkan warga adalah berupa perluasan area pemakaman disejumlah TPU termasuk di TPU Kemiri Rawamangun atau bahkan jika memungkinkan dibuatkan TPU yang baru.

Ya, untuk hidup dan mati di Jakarta ternyata begitu susah. Bahkan sampai perlu beli makam di San diego hills karawang

Sekarang sekadar mencari tempat pemakaman saja ternyata bukan perkara yang mudah. Lahan makam yang tersedia di Jakarta kian menipis tanpa adanya penambahan lahan baru. Padahal sudah jelas angka kematian warga tidak bisa dihentikan dan masyarakat pun terus perlu area pemakaman untuk tempat peristirahan terakhir.

kuburan rawa kemiri jakarta timur

Krisis makam seperti ini juga terjadi di Jakarta Timur. Dari total tempat pemakaman umum yang mencapai 30 di Jakarta Timur, ternyata begitu memprihatinkan soal ketersediaan lahannya saat ini. Termasuk juga di TPU Kemiri Rawamangun yang merupakan tempat pemakaman umum nomor 4 terbesar di Jakarta Timur.

Ada beberapa informasi yang bisa diketahui untuk Anda yang termasuk warga Jakarta Timur.

Dalam artikel ini akan diberikan informasi terkait TPU Kemiri Rawamangun dan juga terkait ketersediaan lahan yang ada di Jakarta Timur. Dan juga, diberikan pula informasi lainnya yang juga penting untuk diketahui terkait solusi-solusi yang bisa diambil ketika lahan makam sudah penuh.

Langsung saja, inilah dia penjelasannya:

Lokasi Makam

TPU Kemiri Rawamangun berada di Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur. Untuk lebih tepatnya, pemakaman ini berada di Kelurahan Rawamangun, di Kecamatan Pulo Gadung.

Luas Lahan

Total dari area pemakaman di TPU ini adalah 6,6 hektar. Angka ini termasuk angka yang cukup besar untuk sebuah tempat pemakaman umum.

Dan benar saja, untuk Jakarta Timur TPU ini termasuk yang terbesar keempat setelah Pondok Rangon, Pondok Kelapa, dan Cipinang Besar.

Ketersediaan Lahan

Sayangnya, TPU ini sudah dikatakan penuh oleh pengelola. Yang tersisa di Jakarta Timur hanyalah Pondok Rangon yang terletak di Cipayung.

Mengingat TPU Pondok Rangon memilki area pemakaman dengan luas mencapai sekitar 60 hektar. Sehingga, TPU ini menjadi tumpuan warga Jakarta Timur yang membutuhkan lahan makam.

Namun, hal ini sering dikeluhkan banyak warga.Tentunya warga lebih ingin memakamkan keluarganya di TPU terdekat.

Termasuk juga untuk warga Kelurahan Rawamangun, mereka pun lebih ingin ada solusi lain selain dari harus memakamkan jenazah di Pondok Rangon yang cukup jauh dijangkau.

Hal ini disebabkan lantaran adanya tambahan biaya yang harus ditanggung jika harus memakamkan jauh dari tempat tinggal baik untuk proses pemakamannnya maupun ketika ingin ziarah atau merawat makam.

Solusi Makam Tumpang

TPU Kemiri ini sudah dinyatakan penuh namun tetap masih dibuka. Hal ini lantaran masih dimungkinkan adanya proses pemakaman dengan cara sistem tumpang.

Ya, satu lubang diisi dengan dua jasad yang telah meninggal sangat biaya terjadi di Ibu Kota.

Begitu juga di Rawamangun ini, diizinkan oleh warga untuk menggunakan sistem tumpang asalkan masih ada ikatan keluarga dan diketahui oleh keluarga secara terbuka. Sehingga, makam yang telah ada bisa kembali diisi dengan anggota keluarga yang baru meninggal dunia.

Lahan Makam Baru

Ada juga kemungkinan lahan makam baru di Kemiri Rawamangun ini. Misalnya, jika nantinya ada perluasan area pemakaman maka tentu bisa digunakan oleh masyarakat luas. Bisa juga tersedia lahan makam baru hasil dari pengambilalihan makam milik warga yang tidak memperpanjang izin penggunaan tanah makam.

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.