Ketahui 3 Penyebab Mengapa Laptop/PC Tidak Bisa Connect WiFi

Connect ke WiFi

Connect ke WiFi

Dengan seiring berkembangnya kemajuan teknologi yang kian pesat, kini hidup kita sudah sangat amat bergantung dengan kehadiran internet. Mulai dari bangun tidur, hingga akan kembali tertidur, kita masih menggunakan internet untuk beragam kebutuhan. Setidaknya untuk sekadar berselancar di media sosial.

Cara untuk dapat mengakses internet juga kini sudah mulai mengalami perubahan. Dahulu, jika kita ingin mengakses internet, maka kita perlu menggunakan kabel ethernet atau UTP yang terkoneksi secara langsung melalui modem di rumah. Kabel ini yang akan menghubungkan komputer atau laptop ke jaringan internet. Namun, kini sudah banyak mulai mengalami perubahan.

Saat ini, penggunaan media kabel untuk kebutuhan internet, terutama penggunaan di rumah, sudah amat sangat jarang menggunakan kabel, melainkan dengan WiFi. Teknologi nirkabel ini memang sangat memudahkan kita dalam hal mobilitas. Kita bisa berpindah tempat kemana saja dan tetap dapat terkoneksi asalkan masih terjangkau dengan sinyal WiFi tersebut.

Jaringan WiFi kini juga tidak kalah dengan media transmisi kabel. Bahkan dengan teknologi WiFi terbaru saat ini, kecepatan transfer bisa mencapai hingga lebih dari 1 Gbps. Meski demikian, terkadang masih ada beberapa masalah saat menggunakan WiFi. Salah satunya yaitu masalah sulit terkoneksi pada jaringan.

Lalu, apa sebenarnya penyebab laptop tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi? Berikut penjelasannya.

1. Masalah Pada Adapter Jaringan Laptop

Saat membeli laptop, kamu dapat langsung terhubung ke jaringan WiFi apabila jaringan tersebut tersedia. Tentu saja agar dapat terhubung ke WiFi, sebenarnya terdapat perangkat keras yang bekerja, yaitu Wireless Adapter. Perangkat ini yang berfungsi menangkap sinyal WiFi dan menghubungkan laptop ke WiFi.

Tidak jarang wireless adapter pada laptop ini mengalami kendala, misalnya tidak terdeteksi atau bahkan mengalami kerusakan. Maka dari itu, coba untuk memastikan apakah wireless adapter laptop kamu bekerja dengan normal. Bagi pengguna Windows, kamu bisa menemukannya melalui menu di Control Panel.

2. Sinyal WiFi Terlalu Lemah

Biasanya saat kita memasang WiFi dari Internet Service Provider, misalnya sebut saja IndiHome, kita akan difasilitasi dengan sebuah perangkat Wireless Router yang akan memancarkan sinyal WiFi. Tentu saja satu perangkat jaringan ini tidak bisa melakukan broadcast SSID WiFi ke seluruh ruangan rumah kamu.

Jika kamu menggunakan WiFi dengan sinyal lemah, biasanya akan mengalami kendala saat proses menghubungkan ke WiFi. Oleh karena itu, ada baiknya kamu untuk pindah tempat yang lebih dekat dengan sumber WiFi. Selain itu, jika dirasa sinyal WiFi kurang optimal, penggunakan perangkat jaringan seperti Repeater WiFi akan sangat bermanfaat untuk memaksimalkan sinyal WiFi.

3. Konfigurasi Jaringan Wireless

Mungkin untuk tahap ini hanya bisa dilakukan oleh administrator jaringan yang mengelola WiFi tersebut. Ada beberapa masalah umum yang sering terjadi pada WiFi. Seperti permasalahan DHCP yang mana merupakan sebuah protokol untuk memberikan perangkat seperti laptop sebuah IP Address agar dapat bisa terhubung ke internet.

Biasanya ada beberapa kasus dimana pool IP dari DHCP telah habis, sehingga klien atau laptop menjadi tidak bisa terhubung. Solusinya, administrator dapat mengatur lease time dari DHCP menjadi lebih cepat atau bisa juga dengan memperlebar range IP yang bisa digunakan.

Selain itu, pastikan juga bahwa frekuensi yang digunakan pada jaringan WiFi juga telah didukung pada perangkat mayoritas pengguna. Contoh saja, umumnya Laptop dan HP saat ini telah mendukung frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz. Jadi, kamu bisa mengaktifkan kedua frekuensi tersebut atau menggunakan salah satunya.

Tetapi, jika kebanyakan klien masih menggunakan perangkat seri lama, ada baiknya kamu untuk mengaktifkan keduanya atau hanya menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Tentu karena perangkat lama umumnya tidak mendukung frekuensi 5 GHz. 

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.