Mengetahui Keunggulan Dari Mimbar Masjid Dekorasi Jepara

Mengetahui Keunggulan Dari Mimbar Masjid Dekorasi Jepara terletak pada ukirannya yang indah. Jepara sudah terkenal dengan seni ukurannya yang indah, salah satunya penggunaan ukiran pada mimbar masjid yang banyak diminati.

Mimbar masjid menjadi salah satu peralatan yang digunakan saat memberi khutbah. Walaupun tidak wajib tetapi dengan menggunakan mimbar, maka para jamah dapat melihat jelas penceramah yang memberikan materi.

Selain itu mimbar yang dilengkapi dengan tongkat dan pembatas belakang, dapat menjadi sandaran saat penceramah lelah. Penggunaan mimbar sudah lama, bahkan sejak zaman Rasulullah. Pada masa itu bentuk mimbar masih sederhana.

Ada banyak jenis mimbar untuk khutbah, tetapi Mimbar Masjid, menjadi produk yang banyak peminatnya. Hal itu karena ukiran Jepara yang memiliki beberapa kelebihan.

  • Corak unik

Masing-masing daerah memiliki kesenian tersendiri, yang memiliki ciri khas daerah tersebut. Salah satu yang memiliki corak ukiran unik adalah seni ukir jepara. Ukiran ini menonjolkan bentuk alami dari sekitarnya.

Ini adalah tanaman menjalar yang diabadikan, ciri khas motif ini adalah daunnya yang lebar memanjang dengan ujung lancip dan tangkai kecil.

  • Terkesan hidup

Para pengrajin ukiran jepara, termasuk untuk ukiran pada mimbar yang ada masjid adalah generasi yang turun temurun. Keahlian ini diajarkan dari satu generasi kepada generasi berikutnya.

Tingkat ketelitian para pengrajin ini sangat tinggi sehingga dihasilkan ukiran yang sangat indah dan terkesan hidup. Setiap bagian ukiran dikerjakan sangat detail, sehingga gambar yang terbentuk tampak nyata.

Keahlian mengerjakan lukisan ini didapatkan dengan proses latihan yang panjang. Bahkan sejak masih usia remaja, generasi muda telah dilatih mengerjakan ukiran jepara ini. Anda tidak akan kecewa dengan motif mimbar yang didapatkan.

  • Teknik Pewarnaan

Keindahan sebuah lukisan tidak akan tampak, tanpa pewarnaan yang indah. Untuk mendapatkan hasil pewarnaan yang indah dibutuhkan teknik pewarnaan yang tepat. Ini yang dilakukan pada pewarnaan Mimbar Masjid.

Dengan teknik pewarnaan yang tinggi hasil ukiran dan seluruh bidang mimbar diwarnai. Pengolesan cat lapis demi lapis dengan penuh kesabaran, tiap detailnya dikerjakan dengan teliti.

Tidak ada satu bagian pun yang terlewat, sehingga keindahan akan muncul secara keseluruhan. Sebuah karya seni yang telah diakui di banyak tempat, bahkan hingga ke mancanegara. Warna yang diberikan akan bertahan lama.

  • Kuat

Kayu jati dan kayu mahoni sebagai bahan dasar yang digunakan untuk membuat mimbar, sudah terkenal akan kekuatannya. Kekuatan ini didapatkan karena struktur kayu ini yang terbilang padat dan keras.

Iklim tropis membuat pemangsa kayu bernama rayap mudah hidup dan berkembang biak. Dengan menggunakan kayu yang keras tidak mudah bagi rayap untuk dapat menghancurkannya, sehingga mimbar masjid akan aman.

Bukan hanya itu, dengan lapisan cat anti rayap membuat mimbar masjid ini lebih terlindungi. Anda tidak perlu gusar jika memiliki mimbar dengan ukiran Jepara, karena dalam proses pembuatannya sudah ditambahkan zat pelindung.

 

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.