Pentingnya Merchandise Sebagai Barang Promosi Suatu Acara

Ketika menghadiri sebuah acara pernah tidak anda menerima merchandise atau souvenir??? Banyak yang sudah pernah mengalami hal semacam ini pastinya. Seperti halnya menghadiri acara seminar, gathering, workshop, pameran, launching sebuah produk atau brand. Seringnya untuk mendapatkannya ini tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias diberikan secara gratis.

Seringnya barang yang satu ini akan memberikan perhatian tersendiri bagi yang menghadiri. Melihat dari beberapa orang yang membawa membuat yang lainnya pun penasaran. Sehingga mungkin sekali menjadi pusat perhatian orang di situ. Tahu g sih apa sebenarnya gunanya produk – produk tersebut harus diberi dan di sebarkan ke banyak orang pada saat itu juga padahal biaya tidak murah?? 

Hal yang perlu dilakukan pada barang yang di gunakan ini yakni perlu memuat logo, merk, atau apapun itu yang berhubungan dengan acara yang berlangsung. Banyak yang sudah menggunakan hal ini, namun sedikit yang memahami secara jelas apa tujuan di buatnya. Agar lebih paham yuk baca ulasan di bawah ini.

1. Mengenalkan produk

Siapa pun yang memiliki produk, jasa wajib sekali untuk dikenal orang banyak. Sehingga kegiatan promosi ini sangat perlu sekali dilakukan. Tiap perusahaan punya cara masing – masing, namun yang sering dilakukan yakni dengan membuat berbagai souvenir promosi perusahaan yang menarik dan unik. Dalam hal ini jelas pastinya bila para barang itu harus ada nama atau brand di sana entah menempelkan nya ini dengan stiker, di sablon atau apapun itu. Dan penempatannya ini tak bisa sembarangan, harus tepat dan mudah dilihat sehingga akan teringat oleh orang yang membacanya.k

2. Membangun brand 

Dalam membangun sebuah brand perusahaan ini tak mudah dan memerlukan waktu yang tak sebentar. Hal ini perlu dilakukan dari mulainya brand ini ada. Semakin lebih cepat dikenal maka akan semakin cepat pula orang mengenalnya. Untuk itu memberi souvenir perusahaan sedini mungkin baik pastinya. Pemilihan dan pembuatannya ini tak bisa sembarangan dan asal – asalan. Dan untuk desain juga perlu dipikirkan detail. Buatlah yang benar – benar mewakili dari citra brand tersebut. Sehingga setiap orang yang membaca dan melihat akan dengan cepat memahaminya.

3. Pemantik ketertarikan pelanggan

Dalam pembuatan souvenir ini pastinya tak hanya ingin numpang lewat saja, artinya bila diterima pelanggan tidak hanya diterima namun terus dipakai. Misalkan saja target marketnya anak muda, maka membuat souvenir power bank menjadi pilihan yang sangat menarik sekali, karena bisa dipakai dimana saja sebagai charger gadgetnya.

Pilihlah yang punya kualitas bagus. Sebab semakin bagus maka citra diri brand tersebut akan menaikkan reputasinya.

4. Penghargaan ke karyawan

Jangan hanya fokus kepada pelanggan saja dalam berbisnis itu, namun pikirkanlah juga mengenai karyawan yang ada. Tak perlu ragu untuk membagikan kepada karyawan ketika ada acara tertentu semisal seminar, pelatihan, meeting, outbound, gathering dll. Pastinya karyawan yang menerima ini akan merasa dihargai oleh perusahaan dan bangga pastinya bekerja di sana. Ujung – ujungnya akan mempengaruhi kinerja karyawan tersebut.

Lalu barang – barang apa saja yang bisa digunakan saat ini??? 

Memilihnya ini tak bisa sembarangan, pastinya bergantung dengan market, budget yang dimiliki. Dan kebanyakan akan bingung karena saat ini banyak sekali jenis dan macamnya. 

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi barang yang bisa dipilih. Apa saja itu??

#1. Pulpen

Pemilihan pulpen sebagai barang promosi bisa dijadikan pilihan. Ini merujuk pada fungsinya sendiri yakni untuk menulis. Hampir setiap hari orang akan menulis. Namun akan jauh lebih baik bila di lengkap dengan notebook.

#2. Botol minum

Botol minum dewasa ini menjadi trend seiring dengan semakin digencarkan akan kampanye go green. Namun botol minum bukan sembarangan. Tumbler sebagai botol minum bisa jadi pilihan menarik. Tempat yang bisa di gunakan untuk air pas dan dingin sehingga cocok untuk minum kopi, teh, susu, coklat kesukaan anda.

#3. Kaos

Salah satu barang yang banyak sekali digunakan sebagai bagian alat promosi yang kaos. Pemilihan bisa yang oblong atau berkerah. Dan jangan lupa untuk menempelkan logo atau brand di bagian belakang kaos tersebut.

 

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.