Saat PTS, Inilah 4 Kesibukan Guru yang Patut Diantisipasi

Penilaian Tengah Semester atau biasa disebut dengan PTS menjadi sebuah momen yang cukup membuat sibuk para guru. Dulunya PTS disebut dengan MID semester, namun perubahan penyebutan nama ini berubah seiring dengan berubahnya kebijakan dari pemerintah. Sebagai pendidik yang bertanggung jawab, seorang guru harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Penilaian Tengah Semester ini. Hal apa sajakah itu? Berikut 4 kesibukan guru yang harus diantisipasi selama PTS.

Mengatur Jadwal PTS

Setiap ujian yang berlangsung tentu harus dijadwalkan dengan baik agar tidak berantakan. Sehingga hal pertama yang akan membuat guru sibuk adalah pengaturan jadwal. Kebanyakan PTS diadakan secara mandiri oleh sekolah. Karena itu sekolah harus mengatur sendiri jadwal dilaksanakannya sesuai dengan kegiatan yang ada di sekolah. Guru harus mengatur jadwal setiap kelas agar berjalan dengan tertib.

Membuat Soal PTS

Karena dilaksanakan secara mandiri oleh sekolah, maka soal-soal yang diberikan kepada siswa pun juga harus disiapkan sendiri. Dinas pendidikan pemerintah setempat tidak akan membuatkan soal sehingga seluruh sekolah sama rata seperti halnya Penilaian Akhir Semester. PTS murni tanggung jawab pribadi sekolah sehingga tiap guru harus mempersiapkan soal sesuai dengan kemampuan siswanya.

Koreksi Jawaban

Soal yang sudah dibuat, tentu harus dikerjakan oleh siswa. Nah, setelah dikerjakan apa yang harus dilakukan oleh guru? Tentunya adalah mengoreksi setiap jawaban siswa. Untuk soal dengan pilihan ganda mungkin proses koreksi tidak akan butuh waktu lama karena jawaban sudah pasti. Namun untuk bagian soal dengan jawaban uraian tentu guru harus bijak dalam menilai karena tidak mungkin setiap siswa memiliki jawaban yang sama. Hal ini tergantung dari bagaimana keahlian guru dalam menangkap apa yang dimaksud oleh siswa.

Penilaian

Setiap siswa yang sudah melewati masa PTS tentu sangat menantikan berapa nilai yang sudah berhasil diraih. Para guru harus bisa menyelesaikan penilaian ini tepat waktu dan menyerahkan hasilnya kepada siswa. Lebih baik lagi jika hasil penilaian tersebut juga diserahkan kepada wali murid. Guru harus benar-benar membuat penilaian yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Itulah 4 kesibukan guru yang patut diantisipasi saat PTS berlangsung. Apapun kesibukannya, seorang guru harus bisa mengatasi beban tanggung jawab yang diberikan.

Kemudian di akhir artikel ini kami akan sedikit menyinggung bahwa jasa cetak juga sudah mulai bisa diakses online melalui pusat percetakan online. Hal ini tentunya juga akan lebih memudahkan guru dalam pengadaan atk maupun jasa cetak untuk menunjang kegiatan belajar mengajar terutama untuk mendukung ujian tengah semester tersebut, karena proses cetak lembar ujiannya sekarang bisa dilakukan melalui online dan kerahasiaanyapun akan tetap terjaga.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya.

 

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.