Tips Laris Berjualan di Marketplace Bagi Pemula

Marketplace seakan jadi sasaran empuk bagi pengusaha pemula untuk memulai karirnya dalam dunia usaha. Selain lebih aman dan nyaman, pengelolaan bisnis dalam platform online ini cukup mudah untuk dilakukan. Dan yang pasti, banyak menarik minat dari masyarakat.

Tips Berjualan Di Marketplace

Berikut ringkasan lengkap dari Vaz Business untuk anda agar bermanfaat dan membantu dalam menjalankan bisnis di marketplace.

1. Pilih Marketplace Terpercaya

Pilihlah marketplace yang terpercaya dan banyak dikenal orang-orang. Saat suatu marketplace cukup familiar di telinga, orang-orang akan lebih mudah saat memutuskan untuk membeli di tempat tersebut atau tidak. Beberapa marketplace populer yang banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini adalah Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

2. Jual dengan Harga Promo

Biasakan untuk memberikan tagline pada suatu produk dengan harga promo, bukannya harga miring. Walau pada dasarnya keduanya sama saja, namun dari sisi konsumen, arti keduanya cukup berbeda. Konsumen cenderung meragukan kualitas suatu produk dengan harga yang jauh lebih murah daripada para pesaingnya. Sementara kata ‘promo’ diidentikkan dengan harga obral untuk suatu barang berkualitas dengan stok lama.

3. Berikan Tanggapan yang Ramah Kepada Konsumen

Selain menjamin kualitas produk dagangan, penjual juga perlu memberikan pelayanan optimal kepada para pelanggan yang berkunjung. Usahakan untuk senantiasa menanggapi seluruh pertanyaan dan kendala pembeli dengan ramah. Pelayanan baik dengan tanggapan yang sigap akan membuat pembeli merasa aman dan nyaman untuk berbelanja di toko virtual yang dibuat.

Pastikan juga untuk selalu bersikap profesional apapun yang terjadi. Meski tak jarang pula beberapa konsumen malah memberikan kritik buruk soal produk atau layanan yang diberikan, tanggapi saja mereka dengan kepala dingin dan tutur yang sopan.

4. Buat Deskripsi Produk dengan Jelas

Bukan menjadi perkara mustahil bila produk yang dipajang di toko online pada suatu marketplace sama dengan dagangan penjual lain. Guna menyiasati hal tersebut, Anda dapat menyisipkan deskripsi produk yang unik, jelas, lengkap, dan informatif.

Deskripsi yang diunggah wajib memberikan perincian tentang produk yang dijual secara detail. Hal ini berguna agar pembeli dapat memahami gambaran kasar dari suatu produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.

5. Menambahkan Foto Produk yang Real

Memilih metode marketing online, berarti para konsumen tak bisa melihat produk secara langsung. Meski begitu, mereka masih dapat membayangkannya dengan melihat visualisasi produk tersebut lewat foto/gambar yang dipasang oleh si penjual. Karenanya, jangan lupa untuk memasang foto berkualitas HD dan jernih di atas deskripsi produk.

Pastikan agar foto yang diunggah merupakan jepretan asli penjual atau setidaknya 98% mendekati aslinya. Pasalnya, bila produk itu sampai ditangan konsumen namun ternyata tidak sama dengan gambar yang terpajang, mereka akan merasa kecewa. Tindakan seperti ini jelas akan menurunkan tingkat kepercayaan dan kredibilitas toko online di mata konsumen.

6. Memberikan Fasilitas yang Memadai

Dalam praktik jual beli online, penjual wajib menyediakan fasilitas-fasilitas umum seperti kemudahan dalam transaksi pembayaran, prosedur pengembalian barang/dana, juga pengiriman produk ke alamat konsumennya.

Disamping itu, usahakan untuk membangun komunikasi yang kuat bersama para konsumen. Bukan lagi sial memberikan jawaban dengan jelas dan sopan, tapi juga tentang kecepatan penjual dalam memberikan respon sehingga para konsumen tadi tidak merasa terabaikan.

7. Perbanyak Produk yang Dijual

Perbanyak varian produk yang hendak dijual. Dengan begitu, pembeli akan memiliki lebih banyak opsi untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebagai contoh saja produk fashion muslim, yakni gamis syar’i. Penjual dapat menjari model-model gamis longgar ter-up-to-date dengan varian warna yang lebih banyak.

Kini, seorang pemula pun bisa sukses merintis karir bisnisnya dengan bantuan marketplace. Selain menggabungkan seluruh tips di atas, Anda juga bisa memulai riset soal kebutuhan dan keinginan dari target pasar marketing toko Anda. Dijamin, toko online makin laris manis deh!

 

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.