Tips Menjaga Peforma Gadget

Kemanapun kita pergi, pasti kita membawa gadget. Gadget sudah menjadi bagian dari diri kita dan jika kita tidak menggunakannya, seperti ada yang salah dengan diri kita. Dengan adanya gadget, kita menjadi sangat mudah mengakses hiburan, mempermudah pekerjaan dan lain sebagainya.

Gadget sangat diandalkan semua orang disaman ini, namun gadget akan rusak jika tidak dirawat dengan benar. Namun perawatan gadget jarang disuarakan oleh produsen gadget, tentu ini menguntungkan mereka. Jika gadget kita rusak, kita akan membelinya lagi dan produsen gadget mendapatkan untung.

Namun dari sisi pengguna ini adalah hal yang kurang bijaksana. Seharusnya kita tahu cara menjaga performa gadget agar gadget kita awet. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan agar performa gadget anda semakin bagus:

 

1. Menjaga gadget tetap bersih

Gadget apapun itu entah earphone, headset, smartphone, laptop atau PC wajib untuk dibersihkan. Namun ini seringkali diabaikan oleh para pengguna. Efeknya, akan ada penumpukan kotoran pada komponen dalam gadget yang mengurangi performa gadget nantinya.

Cobalah untuk membiasakan membersihkan gadget dengan menggunakan tisu atau tisu beralkohol. Namun jangan pernah gunakan tisu basah atau kain basah karena justru meningkatkan peluang terjadinya kerusakan.

 

2. Gunakan pelindung

Gunakanlah pelindung yang menjaga gadget anda dari hal yang tak terduga seperti jatuh, tertindih, terinjak dan basah. Pelindung tambahan pada gadget juga tidak mengurangi estetika gadget anda.

Ada beragam pelindung yang bisa anda gunakan mulai dari layar anti gores sampai dengan case dapat digunakan dan dapat disesuaikan dengan selera.

 

3. Rawat baterai

Dalam merawat baterai jarang yang mengetahui ini. Setidaknya sekali dalam sebulan, gunakan ponsel sampai dengan 0% dan kemudian cas sampai 100% untuk mengkalibrasi baterai. Kemudian jagalah baterai dalam persentasi 20% hingga 80%. Jangan pernah menggunakan gadget saat sedang dicas karena akan membuat baterai panas.

Hindari panas pada gadget karena panas akan membuat baterai memuai dan akibatnya baterai menjadi bocor dan rusak. Terakhir, cabutlah kabel charger setelah daya penuh.

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.