Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika

Sebagai seorang guru matematika tentunya akan mendapati beberapa siswa di bawah bimbingan menghadapi kesulitan. Matematika perlu diakui menjadi mata pelajaran yang tidak mudah dikuasai, semua orang mengamini hal ini. Mungkin inilah alasan tempat kursus matematika begitu diminati dan larisnya info mengenai soal SBMPTN Matematika dasar.

Mendapati siswa yang dibimbing belum fasih dalam menguasai materi matematika yang diajarkan, maka sebaiknya tidak sekedar berpangku tangan. Sebagai pendidik yang baik justru perlu mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.

Penyebab Siswa Sulit Belajar Matematika

Sebelum memahami solusi yang sebaiknya diterapkan agar siswa lebih mudah paham matematika. Kenali dulu hal-hal yang menyebabkan siswa menghadapi kesulitan untuk memahami mata pelajaran satu ini. Adapun penyebabnya antara lain:

  • Faktor Fisiologis

Penyebab pertama datang dari faktor fisiologis yang dialami oleh siswa yang bersangkutan. Faktor ini menghalangi siswa untuk bisa paham materi matematika karena kondisi fisik tubuhnya. Yakni yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang dialami oleh siswa tersebut.

Sebagai contoh adalah siswa mengalami masalah penglihatan, sehingga apa yang dijelaskan di papan tulis tidak bisa dilihat dari tempat duduknya. Keterbatasan ini menghalangi siswa tersebut untuk bisa tahu apa yang dijelaskan, alih-alih paham apa yang disampaikan.

  • Faktor Sosial

Penyebab berikutnya adalah dari faktor sosial, yakni dari kondisi sosial di sekitar siswa tersebut. Misalnya saja tidak ada dukungan dari keluarga ataupun dari teman-teman sekolah dan teman bermain. Dukungan ini berkaitan dengan pemahaman anak yang kurang akan manfaat mempelajari matematika bagi masa depan.

Sebagai contoh, jika orangtua sering berujar tidak pernah mendapat nilai matematika yang bagus saat sekolah namun tidak menghalangi mereka menjadi orang sukses. Kondisi ini membuat si anak tidak mendapatkan fasilitas lebih untuk bisa mempelajari matematika, sehingga sulit untuk mempelajarinya.

  • Faktor Intelektual

Penyebab berikutnya karena siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi matematika dari bab tertentu. Jika siswa mendapati kesulitan memahami materi di bab awal maka akan susah untuk konsentrasi memahami bab berikutnya. Hal ini karena sejak awal siswa yang bersangkutan memiliki anggapan jika matematika itu sulit dan tidak bisa dipelajari.

  • Faktor Emosional

Emosi siswa yang tidak terkontrol perlu diakui akan mempengaruhi kemampuannya dalam belajar di sekolah maupun di rumah. Hal ini juga menjadi salah satu sebab mengapa siswa mengalami kesulitan dengan materi matematika. Kesulitan ini juga akan berlanjut ketika mengerjakan soal SBMPTN Matematika dasar. Maka penting untuk memperbaiki emosional siswa tersebut melalui pendekatan yang tepat.

  • Faktor Pedagogis

Faktor penyebab berikutnya datang dari pihak guru, yakni proses menjelaskan materi kurang membantu siswa untuk memahaminya. Cara pengajaran guru di depan kelas yang kurang efektif atau sulit dipahami siswa. Memicu ketidakpahaman siswa mempelajari materi yang disampaikan, maka penting untuk diubah.

Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa

Usai mengetahui apa saja penyebab siswa kesulitan menguasai materi matematika yang diajarkan, maka akan lebih mudah dalam mencari solusi. Berikut strategi atau solusi yang dianjurkan untuk diterapkan:

  • Memberi Motivasi pada Siswa

Dikutip dari berbagai jurnal, jika seorang guru matematika mendapati siswanya sulit menyerap materi pelajaran. Maka penting bagi guru tersebut untuk memberikan motivasi. Misalnya saja menjelaskan manfaat menguasai matematika dalam kehidupan, jelaskan contohnya dalam keseharian sebagai motivasi yang efektif.

  • Melakukan Pendekatan Fisik dan Psikologis

Mendapati siswa di kelas ada yang kesulitan memahami materi matematika yang diajarkan. Maka lakukan pendekatan fisik, silahkan berkeliling di dalam kelas dan dekati siswa yang mengalami kesulitan. Dengarkan masalah yang menyebabkan kesulitan tersebut dan berikan solusi yang tepat.

  • Menggunakan Media Bantu Saat Mengajar

Jika merasa metode pengajaran di depan kelas kurang mudah dipahami atau kurang menarik. Maka penting untuk melakukan perubahan sesuai kebutuhan, misalnya saja menambahkan alat peraga berupa gambar atau apapun sebagai perbaikan.

  • Meminta Dukungan Orangtua Siswa

Menguasai matematika sepertinya tidak hanya bisa dilakukan di lingkungan sekolah, namun juga rumah. Kunjungi rumah siswa dan diskusikan dengan orang tuanya supaya memberi fasilitas belajar lebih di rumah.

Matematika memang bukan pelajaran yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari dan dikuasai sama sekali. Lakukan upaya yang tepat agar siswa di kelas semakin paham meski sedikit demi sedikit. Minta bantuan orang tua di rumah siswa dan kenalkan pada sistem pembelajaran online yang lebih kompleks. Misalnya saja belajar lewat Edutore by Gramedia yang menyediakan materi matematika online, bahkan tersedia pula soal latihan seperti soal biologi sma kelas 10 disini.

You May Also Like

About the Author: Dewo Broto

Seorang pemuda 20 Tahun yang lagi ketagihan menulis artikel di media online.